Hewan Dengan Suara Terkeras Di Dunia

1. Paus Biru
Paus biru (Balaenoptera Musculus) adalah mamalia laut  yang masuk kedalam subordo paus balim.  Panjangnya mencapai lebih dari 33 meter dan memiliki massa 181 ton metrik atau lebih. Binatang ini dipercaya sebagai hewan terbesar yang pernah ada.
Ikan yang kerap menyemburkan air dari lubang hidungnya itu juga memiliki suara yang khas. Kekuatan suara yang dihasilkan paus biru diperkirakan mencapai 155 hingga 188 desibel. -bandingkan dengan konser rock yang rata-rata hanya mencapai 100 desibel.
Untuk berkomunikasi dengan sesamanya, kelompok paus biru akan membuat panggilan pada frekuensi fundamental, yaitu antara 10 hingga 40 Hertz. Sebagai perbandingan, frekuensi suara terendah manusia berkisar 20 Hertz. Uniknya, dalam berkomunikasi dengan sesama, paus biru kerap mengeluarkan suara yang bernada.
Para ilmuwan meyakini bahwa fenomena tersebut tidak terlihat di populasi lain manapun dan benar-benar menjadi ciri khas spesies paus biru (Balaenoptera Musculus). Ikan itu juga kerap dikatakan sebagai ikan dengan suara terkeras. Hingga saat ini, belum ada satu pun ahli yang mengetahui maksud dari vokalisasi yang dikeluarkan paus biru tersebut.
Para pakar hanya menduga hal itu sebagai media paus biru untuk memelihara jarak antar individu, tanda perkenalan antara individu yang satu dengan individu lainnya, atau media transmisi informasi kontekstual seperti untuk memberitahukan area makanan atau buruan, peringatan tanda bahaya, dan percumbuan.
Paus biru jantan biasa menggunakan suara kerasnya untuk menarik pasangan yang jaraknya ratusan mil jauhnya.

2. Gajah
Gajah (Elephantidae) adalah mamalia darat terbesar yang masih hidup.
Ketika gajah memijakkan kakinya, getarannya bisa terdengar sampai 20 mil melalui tanah. Sebagai informasi gajah juga melakukan komunikasi melalui kaki yang menghasilkan getaran tersebut. Penelitian di Afrika mengidentifikasi gajah mengirimkan pesan untuk peringatan, untuk menyapa dan untuk mengumumkan..”Let’s go..”. Suara ini berkekuatan 80-90 desibel, lebih keras daripada kebanyakan manusia berteriak

3. Serigala
Serigala adalah binatang mamalia karnivora. Serigala abu-abu mempunyai asal-usul yang sama dengan anjing luar negeri dari keluarga Canis Lupus
Serigala melolong karena berbagai alasan. Untuk menyatakan posisi terhadap kawan nya, untuk menjaga teritorial. Suara lolongan serigala menimbulkan kengerian tersendiri bagi yang mendengarnya, suara tersebut bisa mencapai 10 mil jauhnya.

4. Howler Monkey
Hewan ini ditemukan di hutan hujan Amerika. Bisa tumbuh sampai dengan tinggi 4 kaki dan biasa hidup berkelompok.
Mereka memiliki tulang basihyal atau hyoid membesar yang membantu mereka membuat suara keras.
Lolongan monyet ini bisa terdengar sampai 10 mil, dan masuk rekor Guinness sebagai The Loudest Land Animal.


5. Hyena
Hyena atau Hyæna adalah karnivora asli Afrika, Arab, Asia dan subbenua India. Mereka adalah anggota dari famili Hyaenidae. Pada famili tersebut terdapat empat spesies, Crocuta, Hyaena, Parahyaena dan Proteles.
Hyena berasal dari kelas berstruktur sosial tinggi mengeluarkan banyak variasi suara mulai dari kata "whuup" yang bisa terdengar dari kejauhan, suara tertawa, hingga erangan di antara kerabat dekat.
Hyena membuat staccato, serangkaian suara hee-hee-hee bernada tinggi atau disebut “cekikikan” oleh ahli zoologi ketika mereka sedang terancam, dikejar, atau diserang. Tawa mengganggu ini bisa didengar hingga 8 mil jauhnya.


6. Singa Afrika
Mungkin adalah hewan yang panggilannya paling gampang dikenali, raungan singa jantan digunakan untuk memburu saingan dan untuk menunjukan dominasi. Sedangkan singa betina meraung untuk melindungi anaknya dan menarik perhatian singa jantan. Auman singa terdengar bisa mencapai 5 mil jauhnya.

7. North American Bullfrog
Namanya berasal dari suara kerasnya, teriakan jauh yang dikeluarkan katak jantan. Suaranya bisa terdengar hingga satu setengah mil jauhnya, membuat mereka jauh lebih besar dan lebih ganas daripada sebenarnya.Untuk membuat suara beresonansi yang digunakan untuk panggilan kawin, katak jantan memompa udara bolak-balik antara paru-paru dan mulut dan diseberang pita suaranya.

sumber : http://serbater.blogspot.com/2011/02/hewan-dengan-suara-terkeras.html
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar