Rumput Laut Alternatif Sehat Pengganti Garam

http://blogtronyok.blogspot.com/
Kelebihan konsumsi garam sering disebut dapat meningkatkan risiko darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Nah, bila Anda ingin mencari pengganti garam agar sajian makanan Anda tetap lezat, rumput laut mungkin bisa dicoba. Bahkan, menggantikan garam dengan butiran rumput laut dalam roti dan makanan kemasan mampu mencegah berbagai penyakit tersebut, demikian menurut sebuah studi dari Food Innovation Project.

Tidak seperti garam, butiran rumput laut memiliki tingkat sodium yang sangat rendah, yaitu hanya 3,5 persen. Bandingkan dengan 40 persen kadar sodium yang banyak digunakan dalam industri makanan. Secara tampilan, keduanya pun mirip. Saking miripnya butiran rumput laut ini dengan garam, banyak orang yang tak mampu membedakannya.

"Rasanya begitu jelas dan enak, yang bisa bermanfaat untuk berbagai macam makanan," tukas Dr Craig Rose, dari Seaweed Health Foundation.

Setelah berbagai uji coba dan penelitian memastikan bahwa butiran rumput laut aman digunakan, saat ini dua dari lima supermarket utama di Inggris mulai mempertimbangkan untuk menggunakan bahan ini untuk produksi roti. Jika berhasil, produsen makanan bisa menggunakan butiran rumput laut untuk makanan kemasan seperti daging, sosis, dan bahkan keju. Dengan cara ini, para pakar berharap dapat membantu menurunkan kasus tekanan darah tinggi dan 70.000 kasus serangan jantung dan stroke setiap tahun di Inggris.

Seperti biasa, hasil penelitian tak serta-merta disepakati oleh pakar atau peneliti lain. Sebuah studi yang diterbitkan oleh The Cochrane Review, berdasarkan analisa data dari hampir 6.500 orang, mendapati bahwa butiran rumput laut tidak memberikan manfaat yang jelas dalam mengurangi asupan garam.


sumber: kompas
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar