Eksplorasi Besar-besaran Mineral Langka Di Korea Utara

http://blogtronyok.blogspot.com/
Pemerintah Korea Utara sangat berminat mengeksploitasi kandungan mineral langka (rare earth minerals) menyusul tingginya nilai ekonomis mineral tersebut di pasaran dunia. Surat kabar Jepang, Asahi, memberitakan hal itu.

Sejumlah pakar menilai China bakal memegang kunci utama dalam proses eksplorasi dan eksploitasi mineral langka tersebut di negeri sekutunya itu. China diyakini bakal membiayai proses pembangunan dan produksi di Korut.

Keberadaan mineral langka memang sangat penting, terutama bagi industri teknologi tinggi dunia. Pyongyang melihat peluang besar di sana.

Menurut kantor berita resmi Korut (KCNA), surat kabar pemerintah Minju Choson menulis topik utama tentang mineral langka tersebut sebanyak dua kali dalam sebulan.

Disebutkan pula, China selama ini menjadi satu-satunya negara pengekspor 90 persen mineral langka di dunia, yang merasakan manfaat besar dari sana. China bahkan berkuasa menentukan apakah satu negara pengimpor akan tetap menerima pasokan atau tidak darinya.

Dua bulan sebelumnya, KCNA juga mengabarkan bahwa Korut tengah meningkatkan upayanya membangun tambang mineral langka di sejumlah situs pertambangan negeri itu. Lebih lanjut, diyakini pula, Korut telah menemukan kandungan elemen mineral langka yang sangat besar di wilayahnya, yang diperkirakan sebanyak 20 juta ton.

sumber: kompas

SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar