Fasilitas Menerima SMS Ketika Mengendarai Mobil

http://blogtronyok.blogspot.com/
Perusahaan otomotif Ford menciptakan sebuah teknologi yang memfasilitasi kebutuhan pengendara untuk membaca pesan singkat alias SMS di saat berkendara. Berbahayakah?

Membaca SMS saat berkendara adalah kegiatan terlarang karena dapat membahayakan para pengguna jalan. Hasil penelitian tahun 2009 bahkan menyebutkan, membaca apalagi mengetik SMS saat berkendara meningkatkan risiko kecelakaan sampai 23 kali lipat.



Namun tak kurang akal, Ford kini membenamkan teknologi pembaca SMS itu di software SYNC miliknya, yang memungkinkan pengguna menerima SMS masuk bahkan sambil mengemudi. Tujuannya adalah untuk mengurangi kerepotan menerima SMS saat berkendara, dengan cara membacakan SMS yang masuk sehingga pengendara tetap dapat fokus mengemudi.

Untuk dapat menikmati teknologi ini, pengguna harus menggunakan smartphone yang mendukung protokol Message Access Profile (MAP). Protokol ini dirancang untuk transmisi email, SMS dan MMS antar perangkat bergerak. Smartphone akan dihubungkan ke software SYNC melalui Bluetooth.

Pengendara akan diberi peringatan saat ada SMS masuk, lalu membacakannya dengan lantang melalui pengeras suara dalam mobil. Pengendara juga bisa membalas pesan yang masuk dengan pesan standar yang tersimpan di telepon pintarnya.

Fitur pembaca SMS ini tersedia pada semua mobil Ford tahun 2012 kecuali model Ranger. Mobil tahun 2010 juga bisa melakukan upgrade dengan mengunduh software terbaru di situs Ford Sync.

Saat ini smartphone dengan dukungan MAP masih terbatas, diantaranya adalah Blackberry Curve (9300), Blackberry Style (9670), HTC EVO 3D, HTC Sensation 4G, Motorola Atrix, Motorola Droid Bionic dan Motorola Photon. Produk kondang besutan Apple, iPhone belum mendukung MAP. Sementara Microsoft baru akan menautkan teknologi MAP pada jajaran smartphone buatannya.

sumber: natgeo
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar