Ultrasonik Membantu Mempercepat Masa Penyembuhan

Para dokter di Skotlandia menggunakan suara ultrasonik untuk menolong pasien yang patah tulang. Menurut penemuan mereka, penggunaan suara ultrasonik ini memepercepat penyembuhan lebih dari sepertiga kali.

Ultrasonik merangsang getaran pada sel yang menstimulasi tulang untuk regenerasi dan sembuh secara perlahan. Teknologi ini mirip dengan yang digunakan untuk pertumbuhan janin pada wanita hamil, tetapi menggunakan frekuensi dan denyut yang berbeda.

Alat ini menggunakan gel berbasis air yang diterapkan pada transducer. Kemudian dimasukkan ke dalam tali dan gelombang pun mulai penetrasi. Pasien tidak akan merasakan apapun saat gelombang tersebut menembus jaringan untuk merangsan aktivitas selular
.

Seorang pasien bernama Gary Denham, mengalami cedera pada pergelangan kakinya setelah terjatuh dari ketinggian 6 m. Dengan cedera seperti itu, biasanya dibutuhkan 12 bulan untuk sembuh total. Akan tetapi, menurut dokter yang menangani Denham, Angus Maclean, pergelangan Denham sembuh dalam waktu 6 bulan. Menurut Maclean, penggunan alat ini mempercepat proses penyembuhan sebanyak 40 persen
.

Teknologi ultrasonik sebagai alat diagnosa digunakan pertama kali pada tahun 1950 dengan mengadaptasi teknologi sonar dari Glasgow. Sekarang, teknologi ini telah menjadi alat diagnosa untuk penyembuhan paru-paru, pemecah gumpalan darah, dan berbagai diagnosa lainnya. Pengobatan seperti ini masih dikategorikan pengobatan yang mahal, sampai sekarang hanya digunakan untuk pengobatan yang rumit.

sumber: natgeo
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar