Foto Manipulasi Kunjungan Pejabat Filipina Ke Daerah Bencana

http://blogtronyok.blogspot.com/
Pemerintah Filipina menghentikan seorang pegawai yang mengunggah foto palsu tiga pejabat tinggi meninjau kerusakan di kawasan Manila Bay akibat topan pekan lalu.

Juru bicara presiden Ricky Carandang mengatakan pegawai rendahan yang mengunggah foto ke Facebook itu diberhentikan.

Dalam foto terlihat tiga pejabat tinggi departemen pekerjaan umum berdiri di kawasan tepi laut Manila yang mengalami kerusakan berat. Kawasan tersebut tidak jauh dari kantor mereka. "Namun mereka sebenarnya tidak berada di sana," lapor wartawan BBC di Manila, Kate McGeown.

Juru foto menempelken foto tiga pejabat itu pada foto kawasan tepi laut Manila Bay tetapi hasilnya buruk. Menteri Pekerjaan Umum Filipina Rogelio Singson meminta maaf kepada publik.

Dia mengatakan para pejabat itu benar-benar berkunjung ke daearah bencana dan tidak mengetahui foto mereka diunggah ke laman Facebook milik departemen pekerjaan umum.

Foto yang telah dimanipulasi ini ditemukan pekan lalu oleh seorang penulis blog dan sontak menjadi isu besar di Filipina. Masalah muncul di tengah kecaman publik terhadap langkah pemerintah dalam menangani dampak topan baru-baru ini.

Lebih dari 50 orang tewas dan dua juta warga lainnya mengalami dampak topan dasyat. Angkatan darat dan angkatan laut telah dikerahkan untuk membantu operasi penyelamatan tetapi banyak warga masih terjebak di rumah mereka akibat kenaikan permukaan air dan mereka menyalahkan pemerintah karena lambat membantu warga.

sumber: bbc
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar