Lensa Kontak Canggih Yang Berfungsi Sebagai Mata Bionik

  • Kamis, November 24, 2011
  • By blogtronyok
  • 0 Comments

http://blogtronyok.blogspot.com/
Para ilmuwan di University of Washington dan Aalto University di Finlandia, tinggal selangkah lagi dalam mengembangkan lensa kontak canggih. Lensa kontak ini bisa membuat pemakainya melihat seperti mata bionik.

Beragam fungsi ditanamkan pada lensa kontak ini. Di antaranya, terdapat teknologi navigasi dan gaming. Lensa kontak juga bisa menerima data berkat lingkaran berwarna emas di sekeliling lensa kontak yang berfungsi sebagai antena.

Tak hanya itu, kontak lens ini juga memiliki sirkuit terintegrasi dengan radio dan silikon yang menghasilkan daya, metal interconnect, lapisan insulasi dan chip super kecil transparan berisi LED mikro.

Sejauh ini para pengembangnya baru bisa menaruh ukuran satu pixel ke kontak lens tersebut. Namun lensa kontak ini masih terus dikembangkan sehingga bisa digunakan untuk menampilkan email atau pesan singkat secara langsung di mata di penggunanya.

Lensa kontak untuk saat ini belum bisa digunakan manusia. Para ilmuwan baru mengujikannya pada kelinci dan sejauh ini pengujian tidak menimbulkan reaksi negatif.

"Kami perlu mengembangkan desain antena yang berhubungan dengan jaringan serta mengoptimalkan transmisi frekuensi agar pengembangannya secara keseluruhan sempurna," kata salah satu ilmuwan, Professor Babak Praviz dari University of Washington.

Ditambahkan Praviz, dia dan timnya masih harus bekerja keras untuk membuat kontak lens tersebut bermanfaat dalam kehidupan nyata dan membuat pemakainya seperti memiliki mata bionik.

sumber: detikinet

You Might Also Like

0 komentar