Super Komputer China Berusaha Tandingi Jepang Dan AS

http://blogtronyok.blogspot.com/
China membuat komputer super pertamanya yang menggunakan chip mikroprosesor buatan negeri sendiri. Negeri Tirai Bambu tersebut ingin mengalahkan komputer super buatan Amerika Serikat (AS) dan Jepang.



Sunway BlueLight MPP, demikian nama komputer super tersebut, mulai dirakit sejak September silam di National Supercomputer Center di Jinan, ibukota provinsi Shandong China Timur.

Sistem Sunway, yang bisa melakukan 1.000 triliun kalkulasi per detik, disebut-sebut akan masuk dalam daftar 20 komputer dengan performa tercepat di dunia.

Dalam tubuh Sunway dibenamkan 8.700 mikroprosesor ShenWei SW1600. Mikroprosesor ini dirancang di Chinese Computer Institute dan diproduksi di Shanghai.

Beberapa waktu lalu, komputer super buatan China lainnya, Tianhe-1A menyedot perhatian internasional saat dinobatkan sebagai yang tercepat di dunia. Sebelumnya, posisi ini sempat diduduki oleh rivalnya, Jepang yang menjagokan K Computer yang dirancang perusahaan teknologi Fujitsu.

Namun meski sistem internalnya dirancang oleh para insinyur China, Tianhe-1A kala itu masih dibangun menggunakan chip prosesor buatan perusahaan teknologi AS yakni Intel dan Nvidia. Demikian juga dengan K computer milik Jepang, menggunakan chip Sparc yang dirancang di Sun Microsystems di Silicon Valley, AS.

Itulah mengapa China berambisi membuat super komputer yang benar-benar keseluruhan produknya merupakan hasil rancangan mereka sendiri.

sumber: detik
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar