Saturday, December 10, 2011

Menteri BUMN Naik Kereta Ekonomi Jabodetabek Tanpa Dikawal

Menteri BUMN Dahlan Iskan, menurut informasi, meninjau langsung penerapan rute baru (rerouting) KRL Jabodetabek dengan menumpang langsung salah satu KRL. Tidak tanggung-tanggung, mantan Dirut PLN ini nekat menumpang KRL ekonomi Bogor-Jakarta Kota yang terkenal padat.

"Menurut informasi beliau menumpang dari Stasiun Depok UI," kata Makmur Syaheran, Sekretaris Perusahaan PT Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ).

Saat dimintai konfirmasi, salah seorang petugas Stasiun Manggarai menjelaskan, Menteri BUMN akan menumpang KRL 0825. Sang menteri sendiri tidak menyebutkan stasiun tujuan. Saat KRL 0825 tiba di Stasiun Manggarai pada pukul 09.00, Dahlan Iskan tidak terlihat.

Mateta Rijalulhaq, petugas Humas PT KAI Daops 1 Jakarta, yang dimintai informasi menjelaskan, Menteri BUMN menumpang KRL Ekonomi 0810 dari Stasiun Depok. "Beliau minta tanpa pengawalan. Kemungkinan tujuannya Depok-Tanah Abang. Beliau bisa berganti beberapa kereta. Jadi mungkin sulit ditemukan," terang Mateta.

Dia juga menjelaskan, Menteri juga meminta untuk tidak didampingi para pejabat PT KAI. Alhasil, hingga saat ini pihaknya tidak tahu secara persis di mana sang menteri berada.

"Ini sosok menteri yang kami rindukan. Kami memang berharap ada gebrakan seperti ini," kata Mateta menyikapi keberanian Dahlan Iskan. Rute baru KRL Jabodetabek mulai diterapkan hari ini. Jika sebelumnya ada 37 rute KRL, pihak PT KAI bersama operator KRL

PT KCJ telah memangkasnya menjadi 6 rute yang tidak saling bersilangan. Pemangkasan rute ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah perjalanan KRL guna mengakomodasi jumlah pengguna yang meningkat setiap tahun.



sumber: kompas

No comments:

Post a Comment