Apa Saja Yang Perlu Dibawa Ketika Menghadapi Interview Kerja?

Kamu baru saja mendapatkan telepon panggilan wawancara kerja dari perusahaan impian. Meski baru akan berlangsung beberapa hari lagi, persiapan pun mulai kamu lakukan.

Mulai dari menyiapkan diri menghadapi wawancara kerja, memilih baju yang akan dipakai, hingga melatih 'presentasi' tentang dirimu.

Tapi, apa saja yang perlu kamu bawa ketika menghadiri wawancara kerja? Ini daftarnya seperti dilansir Her Campus.

Tas kerja atau portofolio
Bagi pekerja kantor, membawa tas kerja akan membuatmu terlihat lebih profesional, begitu juga ketika wawancara kerja. Jika kamu tidak memiliki tas kerja, kamu bisa membawa tote bag cantik yang cukup besar untuk menampung notebook.

Bagi kamu yang ingin memasuki dunia kreatif, portofolio sangatlah penting. Jadi jangan lupa membawa kumpulan karya foto, desain, contoh tulisan, atau sketsamu ketika mendatangi interview kerja. Sebab, portofolio akan menunjukkan kemampuan kerjamu yang juga akan menjadi salah satu poin penilaian.

Pastikan kamu membawa setidaknya tiga kopi portofolio dengan kualitas kertas dan hasil cetak yang baik. Berikanlah satu kopi kepada pewawancaramu, satu lagi kepada sang asisten, dan satu sebagai peganganmu. Jangan lupa, buatlah daftar untuk referensi.

Kertas atau buku catatan

Pastikan kamu memiliki kertas atau buku catatan jika pewawancaramu memberikan berbagai informasi yang harus kamu catat. Buku catatan ini juga berguna untuk menuliskan semua pertanyaan yang ingin kamu ajukan, pastikan kamu menulisnya sebelum wawancara dimulai.

Memiliki pertanyaan yang sudah disiapkan menunjukkan bahwa kamu menaruh perhatian sungguh-sungguh kepada perusahaan tersebut.

Percaya deh, kamu akan terlihat buruk jika ketika sang pewawancara bertanya apakah kamu memiliki pertanyaan, dan kamu hanya bengong.

Nomor telepon kantor perusahaan

Simpan nomor telepon perusahaan di telepon selularmu (ponsel) untuk jaga-jaga, seandainya saja kamu terhambat di jalan karena kecelakaan, tersesat, atau tiba-tiba menghadapi keadaan darurat.

Segera hubungi calon pewawancaramu ketika kamu menghadapi salah satu keadaan itu. Dengan demikian, mereka enggak akan langsung mencoret namamu karena kamu enggak muncul dalam janji wawancara.

Rute perjalanan

Masa sih kamu kehilangan kesempatan mendapat pekerjaan impian hanya karena tersesat? Jika ponselmu tidak dilengkapi fasilitas global positioning system (GPS), maka catatlah rute perjalanan dari rumahmu ke kantor, dan sebaliknya.

Jika kamu belum pernah ke kantor perusahaan tujuan, pastikan juga kamu akan tiba sedikitnya sepuluh menit sebelum waktu temu wawancaramu.

Nah, setelah mengetahui persiapan menghadapi wawancara kerja, saatnya kamu menaklukkan interview itu. Menjaga penampilan memang penting, tetapi kepribadian dan pengalamanmulah yang akan membuat para manajer personalia terkesan, sehingga mereka akan menyewamu sebagai pegawai.

sumber: okezone
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar