Google Dan Wikipedia Pun Ikut Protes Terhadap SOPA


blogtronyok - Usulan undang-undang anti pembajakan di Amerika Serikat (AS) belakangan ini banyak menuai protes dari situs-situs online. Wikipedia, Google dan Craiglist merupakan situs yang bergabung untuk melakukan aksi protes tentang usulan undang-undang tersebut.



Wikipedia, ensiklopedia online ini secara sukarela membekukan website-nya selama 24 jam mulai kemarin. Google pun ikut bergabung untuk memprotes dua undang-undang yang diusulkan, yakni Stop Online Act (SOPA) dan Protect intellectual Properst Act (PIPA).

Mesin pencari tersebut juga sempat menghitamkan logonya untuk versi AS dari website, dan menambahkan sebuah link di bagian bawahnya yang bertuliskan 'please don't cencor the web'.  Sampai saat ini link tersebut masih tertera di mesin pencari tersebut.

Melalui blogspot, David Drummond, Direktur hukum Google mengatakan alasan mengapa raksasa pencarian tersebut mendukung aksi protes. "Kita berpikir ada cara yang baik ke depan, yang tidak menyebabkan kesusakan jaminan pada web," ujarnya.

Selain Wikipedia dan Google, Craigslist yakni layanan iklan baris online populer juga ikut melakukan aksi protes. Sementara itu, situs lain termasuk Reddit, Wordpress, Flickr, Twitpic dan ratusan orang juga telah sepakat untuk mendukung hari aksi protes tersebut.

Baik SOPA dan PIPA, keduanya merupakan upaya untuk menangani masalah penyaringan file online dengan memberikan kekuasaan untuk menutup situs-situs yang membuat materi, seperti film, musik dan program televisi, jika tidak mempunyai izin dari pemegang hak cipta.

Setelah keluhan oleh pemegang hak cipta, tindakan ini akan memungkinkan domain website disita. Jika situs tersebut bukan situs AS atau di-host di AS, maka mereka memiliki kekuatan untuk memaksa mesin pencari AS menghapus link ke situs web dan untuk jaringan pembayaran AS atau pengiklan berhenti melakukan bisnis melalui situs.

Kritik terhadap rencana ini, berpendapat bahwa langkah tersebut akan memberikan kekuasaan terlalu banyak pada pemegang hak cipta dan dapat mengakibatkan situs-situs sah dihentikan atau disita tanpa proses hukum.

sumber: okezone
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar