Saturday, February 4, 2012

Air Hujan Bisa Dipakai Untuk Keramas

blogtronyok - Waktu Anda masih kecil, saat hujan datang, Anda malah keluar rumah untuk bermain di bawah air hujan. Pulang kembali ke rumah dengan basah kuyup, orangtua Anda marah karena mereka menganggap itu salah satu hiburan yang kotor dan tidak menguntungkan.

Sebenarnya orangtua Anda tidak sepenuhnya benar, juga tidak sepenuhnya salah. Dalam hal hubungannya dengan kebersihan rambut, air hujan ternyata bisa saja memiliki keuntungan untuk rambut Anda. Singkatnya, Anda bisa membersihkan rambut dengan air hujan.

Dilansir dari Water Rhapsody, konon orang-orang Barat zaman dahulu percaya bahwa mencuci rambut dengan air hujan dapat membuat rambut jauh lebih sehat dan bersinar karena datang langsung dari langit. Mitos tersebut berlangsung lama di luar sana, tetapi untungnya sains mampu menjelaskan ini.

Air hujan tergolong sebagai air yang “ringan”. Dikutip dari Rainwater Connection, air yang turun dari langit ini memiliki kadar kenetralan pH yang hampir sempurna, bebas garam, dan mineral yang buruk bagi rambut. Kalau difilter dengan rapi, air hujan menjadi materi paling netral yang dapat Anda gunakan untuk mencuci rambut.

Kenetralan yang dimiliki air hujan pada praktisnya tidak akan membuat rambut menyimpan sisa busa dari shampo yang Anda gunakan, sehingga proses pencucian akan menjadikan hasil maksimal untuk mahkota Anda. Bahan-bahan yang terkandung di dalam shampo dapat bekerja baik tanpa kontaminasi buruk dari air yang Anda gunakan.

Namun, teori ini tidak sepenuhnya berlaku bagi daerah-daerah yang berpolusi. Air yang diangkat ke langit saat proses pembuatan hujan dari daerah kotor mengandung banyak zat buruk bagi rambut Anda. Kadar kenetralannya pun berkurang secara signifikan, bahkan bisa lebih buruk dari air olahan publik seperti yang biasa Anda gunakan di rumah.

Karena itu sebelum menggunakan air hujan untuk membersihkan rambut, pastikan bahwa Anda berada di daerah yang bebas polusi dan pastikan air tersebut tersimpan pada suhu yang dingin, karena suhu tersebut dapat menambah efek berkilau pada rambut Anda.

sumber: yahoo

6 comments:

  1. susah sekarang nyari daerah2 yg bebas polusi..., nice post sobat.., thx infox :)

    ReplyDelete
  2. nahhh itu dia sob,,maslahnya ga semua daerah bisa menikmati indahnya kramas pke air ujan..mungkin klo di daerah pedesaan cocok kali yah,kan msh jarang tuh polusi udara..

    ReplyDelete
  3. wah bermanfaat ternyata ya air hujan itu... :) sip nih inponya bang

    ReplyDelete
  4. kalo dikampoeng saya kayanya masih bsa tuch keramas pake air ujan, soalnya masih asri. Tapi enaknya kalo lagi ujan itu memang tidur bukan mandi atau keramas.he

    ReplyDelete
  5. wah, begitu yah air hujan, hmm.. asik tuh buat ngeles, "ngapain ujan2?"
    "bersihin rambut niiih, karena blablablabla" (alasannya kyk udah dijelasin di atas)

    wkwkwkk

    ReplyDelete
  6. @Lentera: thanks dah berkunjung jg Sob..

    @Green: bener, kalo di perkotaan mah, pasti dah kena polusi..

    @Kang Farhan: bermanfaat kalo masih "murni"..

    @Urang Kampoeng: wuuihh.. jadi ngiri, mo keramas pake aer ujan juga.. ^_^

    @Ladida: siapin payung aja dah Sob, biar bisa ngojek payung.. :)

    ReplyDelete