Ilmuwan Rusia Berhasil Menumbuhkan Benih Berusia Ribuan Tahun

blogtronyok - Ilmuwan asal Rusia berhasil menumbuhkan tanaman yang berasal dari buah membeku yang disimpan oleh tupai 30 ribu tahun lalu. Buah itu ditemukan di tepi sungai Kolmya di Siberia, tempat di mana banyak ditemukan tulang-belulang mammoth.

Adapun tanaman yang berhasil ditumbuhkan oleh peneliti dari Institute of Cell Biophysics itu sendiri merupakan Silene stenophylla, dari keluarga tanaman campion.

Dalam laporannya yang dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), peneliti menyebutkan bahwa ini merupakan benih tertua yang pernah berhasil ditumbuhkan. Rekor sebelumnya dipegang oleh sebuah benih pohon palm yang tersimpan selama 2.000 tahun di Masada, Israel. Sayang, David Gilichinsky, ketua tim penelitian kali ini wafat beberapa hari sebelum laporannya dipublikasikan.

Meski begitu, Gilichinsky dan rekan-rekannya menyatakan bahwa mereka menemukan sekitar 70 lubang hibernasi tupai di sekitar tepi sungai tersebut. "Seluruh lubang ditemukan di kedalaman sekitar 20 sampai 40 meter dari permukaan tanah saat ini dan berada di lapisan yang sama dengan lokasi ditemukannya tulang-tulang mamalia besar seperti mammoth, badak wol, bison, kuda, kijang, hewan, dan tanaman lain dari zaman tersebut," sebut Gilichinsky.

"Tampaknya, fosil-fosil di lubang hibernasi tersebut tetap membeku sejak mereka terkubur dan terus-menerus diterpa udara dingin," sebut Gilichinsky. "Tupai-tupai itu kemungkinan menyimpan cadangan makanan di bagian tertentu dari lubang mereka, yang akhirnya membeku secara permanen,' ucapnya.

Di laboratorium mereka di dekat Moscow, upaya tim peneliti untuk mengecambahkan benih yang sudah matang gagal. Tetapi saat ditanam, benih itu tumbuh menjadi pohon yang sehat, meski sedikit berbeda dengan spesies tanaman yang sama yang ada di masa kini.

“Keberhasilan ini menandakan adanya peluang untuk menghidupkan kembali tanaman yang sudah lama punah dan kita bisa memikirkan untuk menghadirkan kembali mammoth ke dunia nyata. Seperti ide yang ada di film Jurassic Park,” sebut Robin Probert, Head of Conservation and Technology, Millennium Seed Bank, United Kingdom.

sumber: natgeo
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar