Foto "Heartbreaking" Memenangkan Pulitzer Tahun 2012


blogtronyok - Foto memilukan seorang anak kecil di antara korban bom mematikan, berhasil merebut perhatian juri penghargaan Pulitzer tahun 2012.

Rekam jejak visual ini diabadikan oleh Massoud Hossaini yang bekerja untuk Agence France Press. Atas karyanya itu, ia pun memboyong pulang penghargaan prestisius di kategori Breaking News Photography.

Dilaporkan, karya sang pemenang ini diambil di Kabul, Afghanistan pada Desember lalu. Terlihat, seorang gadis berusia 12 tahun bernama Tarana Akbari tengah menangis di antara tubuh-tubuh yang berlumuran darah sesaat setelah serangan bom terjadi.

Heartbreaking, demikian penilaian pihak Pulitzer atas karya fotografer yang merintis karirinya di AFP sejak tahun 2007 itu. Dilansir dari situs Pulitzer, Hossaini berhak membawa pulang uang sebesar USD 10.000.

Turut tercantum beberapa nama yang menjadi finalis di kategori Breaking News Photography yakni Carolyn Cole dan Brian van der Brug dari Los Angeles Times. Kemudian ada juga John Moore, Peter Macdiarmid dan Chris Hondros dari Getty Images yang mengcover aksi protes di Arab.

Di bidang fotografi, Pulitzer juga mengganjar karya Craig F. Walker sebagai jawara di kategori Feature Photography. Pria yang bernaung di The Denver Post ini menyajikan foto essay seorang veteran dari Colorado bernama Scott Ostrom yang menderita Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD).

sumber: detik
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar