Jenis-jenis Mainan Yang Dapat Tingkatkan Kecerdasan

Jenis-jenis Mainan Yang Dapat Tingkatkan Kecerdasan. Kebanyakan masa kanak-kanak digunakan untuk bermain, porsinya jauh lebih besar dibandingkan dengan kegiatan lainnya karena memang dengan bermain ini dapat merangsang kecerdasan mereka, tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan kata-kata seperti ‘masa kecil kurang bahagia’ . hal ini digunakan untuk menggambarkan keadaan seseorang yang kurang bergaul atau kebanyakan waktunya digunakan bukan untuk bermain melainkan mengerjakan sesuatu yang berat. Sehingga pada saat dewasa ada rasa kehilangan masa kecil mereka. Anda tentunya tak ingin hal tersebut terjadi pada buah hati bukan, untuk itu sedini mungkin siapkan mainan anak untuk menunjang pembelajarannya.

Jenis beragam dan Anda bisa mendapatkan dengan mudah di pasaran. Namun ada beberapa hal yang terlebih dahulu wajib Anda pertimbangkan sebelum membeli mainan anak di toko yang jual mainan untuk anak laki-laki dan perempuan yang murah secara online maupun offline, diantaranya adalah:



•  Keamanan, jangan salah karena tak semua jenis mainan yang diperjualbelikan aman untuk anak Anda, tak jarang beberapa jenis menggunakan bahan pewarna berbahaya atau juga bagian-bagiannya yang tajam sehingga dapat melukai kulit mereka. Faktor keamanan sangat penting untuk Anda lihat, biasanya bisa dari label kemasan atau juga tempat pembelian, sebaiknya belilah mainan di toko resmi yang sudah terbukti kualitasnya.

•  Usia, anak berusia di bawah 2 tahun dengan masa kanak-kanak tentunya berbeda jenis permainannya, mengenal mainan juga dari usia karena untuk melihat seberapa besar kemajuan syarat motorik mereka.

•  Jenis kelamin, salah memberikan jenis permainan kepada Anda ternyata dapat mempengaruhi pergaulan dan juga pembawaan mereka di masa dewasa. Tentunya Anda tak asing lagi dengan anak laki-laki yang bersifat kecewek-cewekan atau mungkin sebaliknya, hal ini salah satunya dipengaruhi oleh mainan mereka sedari kecil.

Setelah melihat pertimbangan penting tersebut sekarang kita akan melihat jenis mainan seperti apa yang dapat merangsang kecerdasan anak Anda:

•  Lego, merupakan mainan berupa balok yang nantinya bisa disusun menjadi berbagai macam bentuk, mulai dari bangunan, hewan hingga kendaraan, nyatanya lego juga bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran untuk tingkatkan kreatifitas mereka.

•  Mainan yang dapat mengeluarkan bunyi atau alat musik, baik untuk mereka yang berusia di atas 1 tahun karena dapat merangsang syaraf motorik, selain itu juga meningkatkan kemampuan mengingat sesuatu.

•  Puzzle, jenis mainan ini memang hanya bisa dimainkan oleh anak berusia diatas 3 tahun, manfaatnya sangat banyak, selain melatih konsentrasi juga bisa meningkatkan kemampuan imajinasi mereka.

•  Bola, mainan yang satu ini bisa dimainkan secara berkelompok, sangat bagus untuk menguji keterampilan berkomunikasi dengan orang lain, selain itu olahraga juga sehat untuk tubuh mereka.

Mainan anak tersebut terbukti memiliki banyak sekali manfaat bagi mereka, jadi sudah selayaknya sebagai orang tua Anda mencukupi keperluan tersebut bahkan sedari ia bayi. Lihat halaman mainan di Wikipedia.
SHARE

About Tri Haryadi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar