10 Prediksi Pele Yang Meleset

Pele sukses besar saat mengantarkan Brasil menjadi juara Piala Dunia 1958, 1962 dan 1970. Tapi, banyak insan sepakbola dunia, bahkan dari Brasil, yang mengecam komentarnya.
Prediksi Pele bahwa Italia akan mengalahkan negaranya, Brasil di Piala Konfederasi salah besar. Ternyata bukan hanya kali ini legenda sepakbola itu salah membuat prediksi.


Brasil membantai Italia 3-0, Senin dini hari WIB, 22 Juni 2009. Kekalahan itu menyingkirkan Italia, juara dunia 2006 dari Piala Konfederasi.

Mantan striker top Brasil, Romario berkata, "Pele jadi pujangga jika ia membungkam mulutnya." Sedangkan mantan pelatih Brasil, Luiz Felipe Scolari tak kalah keras menyindir Pele. "Saya yakin Pele tak tahu apa-apa soal sepakbola. Analisisnya selalu salah. Jika Anda ingin juara, Anda harus mendengar perkataan Pele sebaliknya."

Goal coba merefleksikan beberapa prediksi salah Pele itu. Berikut 10 di antaranya:

10) China 2002
Pele: China akan lolos ke babak II Piala Dunia 2002
Fakta: China finis di posisi terbawah Grup C tanpa kemenangan, seri, poin maupun gol. China juga kebobolan sembilan gol

9) Spanyol 1998
Pele: Spanyol menjadi favorit juara Piala Dunia 1998 di Prancis
Fakta: Spanyol gagal lolos dari grup setelah kalah dari Nigeria dan seri dengan Paraguay.

8) Kolombia 1994
Pele: Kolombia akan jadi juara Piala Dunia 1994 di AS
Fakta: Kolombia gagal lolos dari grup, bahkan menduduki posisi terbawah. Bek Andres Escobar juga dibunuh seusai mencetak gol bunuh diri

7) Argentina, Prancis & Piala Dunia 2002
Pele: Argentina & Prancis jadi finalis
Fakta: Kedua negara gagal lolos dari grup. Prancis tak mencetak satu gol pun.

6) Pulih dari Cedera
Pele: Dalam sebuah film terkenal yang dibintangi Sylvester Stallone dan Michael Caine, bintang tim Sekutu, Pele secara brutal dijegal pemain Nazi di babak pertama. Pele cedera dan tak bisa melanjutkan pertandingan. Sekutu saat itu ketinggalan 0- 4
Fakta: Pele kembali ke lapangan di babak II. Bahkan, ia menginspirasi timnya melakukan comeback dengan mencetak gol lewat bicycle kick. Meski di fiksi, prediksi Pele juga salah.

5) Karir Ronaldo Habis
Pele: Ronaldo takkan bermain sepakbola lagi. Dan karirnya segera berakhir, terutama setelah cedera parah di Inter Milan pada Februari 2008.
Fakta: Ronaldo kembali ke lapangan pada Maret 2009 bersama Corinthians. Bahkan, Il Phenomenen mencetak 10 gol dalam 14 laga awal untuk memenangi Campeonato Paulista. Rumor berhembus saat itu, Ronnie akan dipanggil kembali ke Timnas Brasil.

4) Nii Lamptey, Pele Baru
Pele: Setelah bersinar di Piala Dunia 1991 U-17, dimana saat itu juga tampil Alessandro Del Piero, Pele menyebut pemain muda Ghana, Lamptey sebagai suksesornya. Lamptey dilabelinya sebagai Pele baru.
Fakta: Lamptey gagal mengasah bakatnya. Ia meyakini dirinya dikutuk kekuatan hitam. Gelandang ini gagal mengukir sukses di PSV Eindhoven, Aston Villa, Coventry, Venezia dan Ankaragucu. Bahkan, ia mengalami tragedi ketika kedua anaknya meninggal.

3) Nick Barmby, Sekelas Zidane, Maldini & Ronaldo
Pele: Nick Barmby akan menjadi bintang kelas dunia
Fakta: Nick Barmby tak menjadi apa-apa. Bermain 23 kali bersama Inggris, tapi ia gagal tampil di Piala Dunia.

2) Wakil Afrika Juara Piala Dunia
Pele: Wakil Afrika akan memenangi Piala Dunia sebelum 2000
Fakta: Sampai 2009, negara-negara Afrika hanya lolos sampai perempat final

1) Brasil & Piala Dunia 2002
Pele: Brasil takkan lolos dari penyisihan grup
Fakta: Brasil menjadi juara Piala Dunia 2002


sumber: vivanews.com
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar