Friday, May 20, 2011

10 Tanaman Penyerap Polutan Berbahaya



http://blogtronyok.blogspot.comKebanyakan orang tidak mengerti mengapa mereka merasa sakit. Mereka mungkin tidak tahu bahwa di dalam rumah, berbagai racun hadir setiap saat: toluena, xilena, etil asetat, metilen, aseton dan kloroform. Tiga racun lain bahkan merupakan ancaman utama: benzena, trichloroethylene dan formaldehida yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius, seperti asma, kanker dan berbagai alergi.



Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan di NASA dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) telah menemukan bahwa ada berbagai tanaman hias yang bisa membuat udara rumah bersih, murni dan seimbang. Tanaman-tanaman ini tidak hanya menyerap polutan, tapi juga mengenyahkan gas-gas berbahaya dari udara. Bagaimana, luar biasa, kan?

Apa dan bagaimana bentuk dari tanaman-tanaman yang sangat berguna untuk melawan polutan ini, mari kita lihat bersama-sama.


1. Spider Plant (Chlorophytum comosum)
http://blogtronyok.blogspot.com
Spider plant merupakan tanaman yang tumbuh dengan cepat. Tanaman ini bagus untuk menghilangkan gas beracun dan polutan lain, seperti formalin dan xylene. Untuk mendapatkan efek yang lebih baik, tanaman ini harus diletakkan di dapur, di dekat perapian atau di tempat-tempat di mana karbonmonoksida terakumulasi.

2. Pakis Boston (Nephrolepsis exaltata bostoniensis)

http://blogtronyok.blogspot.com
Tanaman eksotis yang anggun dengan daun melengkung dan berjumbai. Pakis Boston bertindak sebagai humidifier alami. Pakis Boston akan tumbuh lebih baik lagi jika berada di tempat berkondisi lembab. Dengan melepaskan kelembaban ke udara, mereka menghapus polusi udara jahat seperti benzena, formaldehida dan xilena. Selain itu tentunya juga menyediakan udara bersih di dalam rumah.

3. English Ivy (Hedera helix)

http://blogtronyok.blogspot.com
Meskipun daunnya beracun, English Ivy adalah houseplant yang sangat populer dan paling cocok bagi penderita asma dan alergi. Mudah tumbuh di bawah sinar matahari cerah, tanaman ini memiliki kemampuan luar biasa untuk menghilangkan benzena, formaldehida serta berbagai bahan kimia beracun yang dikeluarkan oleh bahan sintetis.

4. Areca Palm (Chrysalidocarpus lutescens)
http://blogtronyok.blogspot.com
Tumbuhan ini sangat sensitif dan dikenal sebagai humidifier. Meskipun tanaman ini tumbuh lambat dan membutuhkan perawatan sepanjang tahun, namun tanaman ini dapat disimpan di mana saja, terutama di sebelah furnitur yang baru dipernis atau di ruangan berkarpet. Tanaman ini membantu mengeluarkan racun mematikan, seperti formalin dan xilena.

5. Golden Pothos (Epipremnum aureum)

http://blogtronyok.blogspot.com
Juga dikenal sebagai Devil’s Ivy atau Silver Vine, Golden Pothos adalah tanaman yang sangat invasif. Dengan daunnya yang hijau dan batangnya yang progresif, tanaman ini dapat merambati daerah sekitarnya. Tanaman ini sangat efisien untuk menghilangkan polutan dalam ruangan seperti formaldehida, benzena dan xilena. Tapi berhati-hatilah, karena tanaman ini beracun bagi anjing, kucing, bahkan anak-anak.

6. Aloe Vera (Aloe barbadensis)

http://blogtronyok.blogspot.com
Kita semua tahu bahwa lidah buaya dihadirkan dalam banyak produk perawatan kulit. Tidak hanya berguna bagi kulit, tanaman ini juga mampu menyaring emisi gas dari bahan berbahaya beracun.
 
7. Chinese Evergreen (modestum aglaonema)
http://blogtronyok.blogspot.com
Sebagai tanaman pembersih udara yang sangat baik, Chinese evergreen merupakan tanaman herbal abadi. Tanaman ini akan tumbuh lebih baik lagi dengan sedikit air dan cahaya minimum. Tanaman ini dapat menyaring racun udara seperti benzena dan formaldehida .

8. Snake Plant (Sansevieria trifasciata)

http://blogtronyok.blogspot.com
Banyak digunakan sebagai tanaman hias, tanaman yang di Indonesia dikenal dengan nama lidah mertua ini merupakan tanaman cemara abadi yang toleran terhadap kurangnya air dan hujan. Ilmuwan menemukan bukti bahwa tanaman ini memiliki kemampuan luar biasa untuk menyerap formaldehida, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lain yang hadir di udara. Satu tanaman dewasa berdaun 4/5 helai dapat menyegarkan kembali udara dalam ruangan seluas 20 m persegi.

9. Marginata (Dracaena marginata)

http://blogtronyok.blogspot.com
Seseorang tidak dapat mengabaikan keindahan marginata, tanaman yang memiliki daun tipis berkilau dengan tepian merah. Tidak hanya menghilangkan formalin dan benzene dari udara, tanaman ini juga mampu menyaring racun lain yang hadir di udara. Namun, perawatan yang tepat harus diambil saat menempatkan tanaman di dalam rumah karena bisa menjadi racun bagi anjing peliharaan anda.

10. Peace Lily (Spathiphyllum)

http://blogtronyok.blogspot.com
Peace lily terkenal karena mampu mengurangi racun dalam ruangan yang dapat menyebabkan kanker. Peace lily sangat bagus dalam membersihkan udara. Membantu menghilangkan benzena dan formaldehida. Tak diragukan lagi tanaman ini disarankan untuk rumah yang memenuhi istilah "sindrom bangunan sakit".

4 comments:

  1. wajib ada ni di rumah kali ya ahhaha

    ReplyDelete
  2. Informasi yang saya cari, thx Gan..

    ReplyDelete
  3. Saya sedang menanam sansevieria dalam 100 pot yang akan saya gantung di ruang parkir SMANegeri 3 Cilacap tahap pertama dan bulan depan saya akan menanam lebih dari 50 pot puring hasil stek sendiri yang akan digantung di depan ruang kelas sebagai penyerap polutan.

    ReplyDelete