Sejarah Piala Dunia

http://blogtronyok.blogspot.com
Piala  Dunia bukanlah kejuaraan sepakbola internasional pertama. Sepakbola  amatir menjadi bagian dari program Olimpiade untuk pertama kalinya pada  tahun 1908. Pada tahun 1909 di Torino diselenggarakan sebuah turnamen  sepakbola yang bernama Piala Sir Thomas Lipton. Italia, Jerman, dan  Swiss mengirimkan klub mereka yang paling prestisius ke turnamen  tersebut namun Persatuan Sepakbola Inggris (FA) menolak tawaran untuk  ikut serta dalam kejuaraan itu.

Ide melahirkan kejuaraan sepakbola dunia tercetus pada 1904 di Paris saat Kongres I Fédération  Internationale de Football Association. Pada 1928, hasil usaha FIFA dan  presiden persatuan sepakbola Perancis (FFFA), Jules Rimet dan rekannya  Henri Delaunay, peserta kongres di Amsterdam memutuskan untuk  melaksanakan ide tersebut. Setahun kemudian, FIFA secara resmi  mempersiapkan sebuah kejuaraan bernama World Cup yang akan berlangsung  setiap empat tahun. Pada kongres FIFA 17-18 Mei 1929 di Barcelona,  Spanyol, Uruguay mendapatkan dukungan dari 23 peserta kongres menjadi  tuan rumah Piala Dunia pertama menyingkirkan ambisi Hungaria, Italia,  Belanda, Spanyol, dan Swedia. Piala kejuaraan ini dikenal dengan Piala  Jules Rimet.

Piala Jules Rimet dibuat oleh perupa Perancis, Abel  La Fleur, berbentuk oktagonal berlambangkan bumi dipegang oleh Dewa  Kemenangan yang bernama Nike (dewa Yunani purba). Piala ini dibuat dari  emas, mempunyai berat 3,8 kg dan tinggi 35 cm.

Maka  Piala Dunia FIFA yang pertama pun diadakan di Uruguay dan berlangsung  dari 13-30 Juli 1930. Tiga belas negara turut serta, terdiri dari 6 negara asal Amerika Selatan, 5 dari Eropa dan 2 dari Amerika Utara. Uruguay mengalahkan  Argentina 4-2 di hadapan 93.000 penonton di Montevideo dan sekaligus  menjadi negara pertama yang merebut piala tersebut.

Selama Perang  Dunia II kejuaraan ini terhenti selama selama 12 tahun, dimulai kembali  tahun 1950 di Brasil. Piala Jules Rimet pernah dicuri sewaktu  dipamerkan di Stampex Exhibition di Westminster Central Hall, London  saat menjelangnya Piala Dunia 1966 di Inggris, namun ia ditemukan 7 hari  kemudian oleh seekor anjing bernama Pickles.
 http://blogtronyok.blogspot.com
Badan induk  FIFA kemudian membuat piala dunia baru dengan menggunakan emas 18  karat, dengan tinggi 36 cm dan mempunyai berat 4,97 kg dan dirancang oleh  perupa terkenal Italia, Silvio Gazzaniaga dan digunakan hingga  sekarang. FIFA menetapkan hanya pemimpin negara dan pemenang Piala Dunia  saja yang boleh menyentuh piala tersebut. Replika piala yang dilapis  emas akan diberikan untuk dsimpan oleh pemenang.

Argentina,  Jerman (kedua kali tersebut sebagai Jerman Barat), dan Brasil telah  masing-masing memenangkan piala yang kedua itu dua kali. Meskipun  begitu, piala yang saat ini masih belum akan "dipensiunkan" hingga plat  namanya telah penuh diisikan dengan nama-nama negara pemenang, yang akan  terjadi pada tahun 2038.

sumber: wikipedia
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar