Penemuan Planet Yang Berpotensi Menggantikan Bumi

Ilmuwan menemukan sebuah planet mengorbit sebuah bintang yang jaraknya 20 juta tahun cahaya dari Bumi. Planet ini bisa menjadi planet hunian pertama setelah Bumi.
 
Planet Gliese 581d berada di ujung terluar ‘zona Goldilocks’ di sekitar bintang kerdil merah. Planet ini mampu menyimpan air. Studi peneliti Prancis yang diterbitkan di Astrophysical Journal Letters menyatakan, atmosfer planet ini cukup hangat menyimpan air.

Planet 581d memiliki massa enam kali massa Bumi dan dua kali ukuran Bumi. Awalnya planet ini dianggap terlalu dingin untuk menyimpan air. Untuk itu, peneliti Insititut Pierre Simon Laplace di Paris menjalankan simulasi komputer atmosfer planet ini.

Hasilnya, ilmuwan menyatakan, laut berisi air cair dan awan serta hujan bisa terjadi di planet tersebut. "Temuan ini sangat penting karena berpotensi menjadi hunian," ungkap peneliti Robin Wordsworth.

Sistem Gliese cukup menarik karena dekat Bumi, lanjutnya. “Jadi, menggunakan teleskop masa generasi depan, kehidupan di Gliese 581d bisa dicari secara langsung,” tutupnya.

SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar