Bisa Melihat Indahnya Dunia Setelah 55 Tahun Buta

http://blogtronyok.blogspot.com/Seorang laki-laki di Amerika Serikat yang mengalami kebutaan di salah satu matanya 55 tahun lalu, telah berhasil disembutkan.

Menurut penerbitan Journal of Medical Case Reports, retina mata kanan pasien tersebut copot tertimpuk kerikil ketika berusia delapan tahun.

Retina yang terlepas dari mata untuk waktu yang lama akan rusak permanen, sehingga menempelkannya kembali tidak akan memulihkan penglihatan.


Dokter mengatakan pemulihan yang terjadi setelah retina mengalami kerusakan seperti ini adalah yang pertama.

Pria berusia 63 tahun itu mendatangi sebuah klinik khusus mata dan pendengaran di New York karena mengalami rasa sakit dan mata menjadi merah.

Mata kanannya bengkak, berdarah, dan muncul tekanan karena cairan yang menggumpal. Setelah mencuci mata dan melakukan perawatan untuk mencegah terbentuknya pembuluh darah baru, mata itu dari yang sebelumnya buta total menjadi mampu menyerap sinar.

Melihat hal ini, para dokter kemudian memutuskan untuk mencoba menempelkan kembali retina ke mata itu. Dan setelah proses operasi selesai ternyata mata itu kemudian berfungsi normal kembali. Diyakini kesuksesan ini dikarenakan sejak awal retina itu tidak tercopot total dari mata.

sumber: bbc.co.uk
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar