5 Tips Sebelum Membeli Sepatu

http://blogtronyok.blogspot.com/Bagi wanita, punya sepuluh sepatu pun rasanya belum cukup. Itulah kenapa pria sering heran melihat wanita tak henti berbelanja sepatu baru. Namun berapa kali Anda membeli sepatu yang akhirnya jarang dipakai? Agar tak terjadi lagi, simak 5 hal berikut ini yang perlu diperhatikan sebelum membeli sepatu.

1. Jangan beli sepatu untuk diperbaiki
Pernah membeli sepatu vintage yang kondisinya sudah tak sempurna dengan alasan "bisa diperbaiki di toko reparasi sepatu"? Ini adalah kebiasaan buruk. Hal kecil seperti kulit yang sudah pudar atau sol yang sudah tipis tak bisa diperbaiki hanya sekali. Apalagi bila menyangkut sepatu vintage, pasti akan ada masalah lain yang timbul.

2. Ukuran bisa diakali, kenyamanan tidak
Sekarang tak masalah lagi jika kita membeli sepatu yang ternyata ukurannya terlalu besar atau bahkan terlalu sempit. Toko reparasi sepatu bisa merombaknya agar sesuai dengan ukuran kaki Anda (meskipun membesarkan ukuran sepatu lebih efektif dilakukan pada sepatu flat dibanding high heels). Bahkan sepatu boots yang terlalu kencang atau terlalu longgar di bagian betis pun bisa mereka betulkan. Namun untuk masalah kenyamanan, tak ada yang bisa dilakukan. Maka dari awal pastikan sepatu yang Anda beli, terutama jika berhak tinggi, nyaman dipakai di kaki.

3. Agar sepatu lebih awet
Jika sepatu yang baru Anda beli tak memiliki sol karet di bagian bawah, segeralah bawa ke tukang sol sepatu atau toko reparasi sepatu terdekat, dan minta untuk dipasangkan. Sol karet tipis ini sangat berguna, terutama untuk sepatu berbahan kulit, untuk menjaga agar kulitnya tak mudah rusak dan terkoyak. Sol karet juga menahan air agar tak mudah merembes masuk ke dalam sepatu.

4. Jangan buang kardus sepatu dari tokonya
Toko sepatu membungkus sepatunya di dalam boks bukan sekadar sebagai wadah untuk Anda bawa pulang. Boks itu juga dimaksudkan sebagai tempat penyimpanan sepatu tersebut saat sudah berpindah dari etalase toko ke rumah Anda. Dengan menaruh sepatu di dalam boksnya (bukan di dalam kantong atau dibiarkan terbuka di tempat bersuhu panas/dingin), sepatu akan lebih awet dan terhindar dari kerusakan bentuk maupun tekstur.

5. Serahkan pada ahlinya
Untuk urusan menyemir sepatu, membersihkan noda, atau mengelem sol yang terbuka, Anda bisa lakukan sendiri di rumah. Namun memperbaiki sol, memperbaiki hak, atau membersihkan noda di sepatu berbahan suede, sebaiknya serahkan pada ahlinya di toko reparasi sepatu. Jika Anda lakukan sendiri, salah-salah malah merusak sepatu.




sumber: yahoo
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar