Rusia Menciptakan Teleskop Terbesar Di Dunia


http://blogtronyok.blogspot.com/Teleskop angkasa terbaru miliki Rusia akan menjadi teleskop terbesar yang pernah dibuat. Efektivitas antena dari teleskop tersebut dapat mencakup tiga puluh kali diameter bumi. Teleskop ini akan berhubungan dengan radio darat yang telah diresmikan sebelumnya dan diharapkan dapat mendapatkan informasi mengenai lubang hitam.

Teleskop yang disebut dengan RadioAstron ini memiliki antena sepanjang sepuluh meter dan jika digabungkan dengan radio darat, maka resolusinya akan 10.000 kali lebih baik dari teleskop Hubble.

RadioAstron merupakan teleskop yang menggunakan basis interferometri, yaitu sistem yang menyusun teleskop besar dan menghubungkan tiap observatorium, serta menjadikannya jaringan dengan resolusi yang tinggi.

Jepang pernah menciptakan sistem seperti ini 15 tahun lalu. Sistem buatan Jepang disebut Highly Advanced Laboratory for Communications and Astronomi (HALCA). Namun, proyek Jepang ini hanya bertahan beberapa tahun
.

RadioAstron, yang disebut pembuatnya akan sepuluh kali lebih sensitif dibandingkan dengan HALCA, dirancang untuk membentang di orbit, dengan 27 kelopak serat karbon yang membentuk piringan selebar sepuluh meter.


RadioAstron akan memiliki orbit yang elips, memungkinkan gravitasi bulan untuk memindahkan jalurnya. Seperti yang dikutip dari siaran pers, "Dengan komputer yang kuat, teleskop ini memungkinkan para ilmuwan Rusia untuk mengembangkan gambar resolusi yang sangat tinggi dari galaksi yang jauh.

Dengan teknologi seperti ini, para ilmuwan berharap akan mampu mengintip peristiwa lubang hitam di pusat galaksi M87, penelitian tentang gelombang radio yang dipancarkan oleh maser air, sebuah awan bermolekul air yang ditemukan dalam cakram galaksi, dan penelitian pulsar.


sumber: national geographic
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar