Simpanse Pemberi Susu Untuk Anak Macan

Simpanse berusia 2,5 tahun bernama Dodo sepertinya punya naluri keibuan yang tinggi terhadap binatang lain. Simpanse tersebut tak hanya mahir menyusui anak macan, namun juga bisa menjadi ibu asuh bagi binatang buas tersebut.

Dodo memang dilatih memberi susu kepada anak macan di kebun binatang Thailand. Dalam rekaman video dia terlihat menunjukkan kemampuannya memberikan susu di Kebun Binatang dan Peternakan Buaya Samut Prakarn, 40 kilometer selatan Bangkok.

Dodo telah memberi susu di botol kepada anak macan berusia tiga pekan sampai lima bulan setiap hari selama lebih satu tahun. Pelatih Dodo mengatakan mereka ingin 'menantang' simpanse itu bergaul dengan anak macan.

Karena dia tidak menunjukkan ketakutan terhadap anak harimau itu maka mereka bekerja sama sampai menjadi kebiasaan simpanse. Namun demikian kadang Dodo tidak peduli akan tugasnya memberikan susu di botol dan hanya duduk bermain-main.

"Dia tidak hanya memberi susu anak macan itu namun juga bermain-main dengan mereka sambil menjauhkan susu botol itu," ujar Raksika Chueawong, bocah berusia 10 tahun yang datang ke kebun binatang itu.

 
Menurut pekerja di kebun binatang, Dodo dan anak macan itu menarik perhatian banyak wisatawan yang ingin mengabadikannya dalam gambar
.

"Mereka itu lucu, hewan-hewan muda yang bermain bersama. Pengelola kebun binatang melatih kera dan mereka juga meminta kera bermain dengan harimau kecil," ujar Jakkrit Jakrabatra
.

Karyawan kebun binatang mengatakan Dodo cepat belajar mengenai cara memberi susu anak macan,"Dodo tidak kesulitan seperti dia tahu bagaimana memegang botol susu. Saya hanya mengajarinya sedikit dan tinggal bersama anak macan. Saya mengajarinya setiap hari sehingga dia bisa melakukannya bahkan kadang-kadang bermain dengan anak macan itu," kata Sirinaj yang telah bekerja selama 20 tahun di kebun binatang itu.


sumber: yahoo.id
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar