Membuka Dan Mengunci Pintu Tanpa Memakai Anak Kunci

http://blogtronyok.blogspot.com/Apakah mungkin membuka dan mengunci pintu tanpa memakai anak kunci, ataupun alat lain yang kita fungsikan sebagai kunci?


Bisa. Teknologi baru dalam bidang keamanan memungkinkan seorang membuka dan mengunci pintu tanpa anak kunci, melainkan dengan gerakan tangan.

Tim peneliti asal Taiwan mengembangkan teknologi "kunci kasat mata". Teknologi ini mengandalkan sebuah chip yang dapat mendeteksi gerakan dalam tiga dimensi, seperti yang digunakan dalam konsol game Nintendo Wii.

Pengguna cukup menetapkan gerakan tangan yang diinginkan, chip akan merekam dan mengingat gerakan tersebut, sehingga saat gerakan tersebut diulang kunci pintu akan terbuka.

"Di masa mendatang, kita tidak perlu takut kehilangan kunci atau bingung mencarinya saat kita lupa di mana meletakannya," kata Tsai Yao-pin, ketua tim peneliti yang juga pengajar di Technology and Science Institute of Northern Taiwan.

Teknologi ini mengantarkan Yao-pin dan timnya memenangkan medali emas dalam pameran penemuan internasional di Taipei, "Taipei International Invention Show and Technomart". Sejumlah perusahaan menjajagi kemungkinan produksi masal dan komersialisasi teknologi "kunci kasat mata" ini, dan Yao-pin memperkirakan butuh waktu sedikitnya enam bulan sampai teknologi ini dapat dikomersialkan.

sumber: natgeo
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar