Susahnya Memperoleh Izin Untuk Generator Tenaga Ombak

blogtronyok - Green Energy Corp (GEC) yang terletak di Amerika Serikat tengah menguji prototipe turbin bertenaga ombak di Pantai Newport. Dalam waktu dekat generator ini akan menjadi permanen dan sumber energi terbarukan di kota California. Namun, sulitnya izin menghambat perkembangan konverter tenaga ombak ini.
Generator berbahan fiberglass ini memiliki panjang enam meter, berbentuk silinder, dan akan mengapung di atas air, namun tetap ditambatkan ke dasar laut. Untuk prototipe, GEC hanya menggunakan satu generator, namun jika prototipe ini berhasil makan beberapa generator akan diaplikasikan di Pantai Newport.

Kekuatan ombak pada Pantai Newport akan menggerakkan generator naik turun, daya gerak ini-lah yang akan dikonversi menjadi tenaga gerak listrik. Generator ombak ini kelak akan terhubung dengan transistor di pinggir pantai. Tiap generator dapat menghasilkan 5.000 watt saat generator bergerak setinggi atau serendah dua meter. 

Peraturan lingkungan yang ketat di lingkungan ini menyulitkan izin untuk membuat generator ini permanen. Pada tahun 2011, Pacific Gas and Electronic (PG & E) berusaha untuk membuat generator yang sama di Utara California, namun biaya yang tinggi membuat izin sulit dikeluarkan.

Sampai sekarang, proyek PG & E masih ditangguhkan. Selain karena biaya, konsep konversi daya gerak ombak belum terbukti, karena itulah izin cukup sulit dikeluarkan oleh pemerintah.

Direktur Lingkungan dari Yayasan Surfrider, Chad Nelsen mengatakan, "kami berusaha melihat proyek ini dengan pikiran terbuka. Potensinya sangat besar, namun tidak banyak efek yang kami ketahui jika generator ini dipasang."
 
sumber: natgeo
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar