Robot Asimo Kian Pintar Dan Mengagumkan

http://blogtronyok.blogspot.com/
Masih ingat dengan robot Asimo? Robot humanoid buatan perusahaan otomotif Honda yang bisa berjabat tangan, bermain sepak bola dan berjalan di tangga ini tampil kian pintar dan mengagumkan. Apa saja kemampuan barunya?

Robot ini semakin mirip manusia saja. Asimo semakin luwes bergerak dan berinteraksi dengan manusia. Berbagai tugas seperti memegang gelas dan menuangkan minuman anggur dapat dilakukannya dengan sangat baik.

Asimo juga bisa berkomunikasi dengan bahasa tubuh, seperti mengatakan 'saya menyayangimu' bahkan mengacungkan kedua jarinya membentuk ungkapan 'keren' atau 'metal'.

Ini karena Asimo telah dilengkapi teknologi kontrol perilaku otomatis yang diklaim Honda sebagai yang pertama di dunia. Nah, dengan kecanggihan lebih jauh dalam otonomi, semua robot Asimo terbaru kini bisa terus bergerak bebas tanpa dikontrol oleh operator.

Asimo terbaru juga memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi ketimbang sebelumnya dan kemampuan fisik yang dapat beradaptasi dengan situasi di sekitarnya. Asimo terbaru juga bisa mengenali suara dari banyak orang berbeda yang berbicara berbarengan.

Karena kemampuannya merespons pergerakan orang-orang dan situasi di sekitarnya, Asimo juga bisa memprediksi arah seseorang akan berjalan hanya dalam hitungan detik, berdasarkan informasi yang didapatnya dari seperangkat sensor ruang. Dengan demikian, Asimo bisa dengan cepat menentukan jalur alternatif untuk dirinya sehingga menghindari menabrak dengan orang atau benda yang ada di dekatnya.

Asimo yang sudah dikenal luas di kalangan para penyuka robot memang kerap tampil mengagumkan. Di Indonesia sendiri, Asimo pernah tampil pada 2006 pada sebuah acara di Jakarta Convention Center di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Di hadapan para peserta acara serta para duta besar dari perwakilan negara sahabat, Asimo menunjukkan kebolehannya kala itu. "Selamat malam Bapak Presiden, nama saya Asimo. Ibu saya Honda," sapa Asimo kepada SBY. Di acara tersebut, Asimo dibuat bisa berbahasa Indonesia dan berlogat Batak dan sempat menari Tortor, tarian khas Sumatera Utara.


sumber: detik
SHARE

About blogtronyok

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar