Berani Sukses Ala Salah Satu Pengusaha Terkaya dari Indonesia

Hampir setiap malam sebelum tidur, kita selalu memikirkan hal-hal yang telah kita lewati hari ini, mencoba untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi, menertawakan kekonyolan yang mungkin akan kita ulangi, mengingat hal manis yang tak mungkin terganti, dan banyak hal lain dalam kehidupan yang sering membayangi esok hari. Kebanyakan orang mulai membayangkan dan merencanakan hal-hal baik untuk menopang kehidupan terbaik dikemudian hari sesaat sebelum terlelap. Tak jarang ketakutan akan kegagalan terlintas begitu saja mengisi kepala. Tapi terlalu banyak memikirkan masa depan tanpa perencanaan yang matang bukanlah salah satu pilihan tepat untuk meraihnya. Adalah Sukanto Tanoto, pemimpi yang sempat dihalangi keadaan untuk meraih mimpinya.



Dirasa tidak memiliki bekal yang cukup untuk terjun pada dunia bisnis tidak membuat Sukanto Tanoto berdiam diri. Saat itu usianya memang beranjak dewasa, 17 tahun dan terpaksa menjadi korban politik sehingga harus berhenti sekolah sebelum menamatkan pendidikannnya. Berbekal hobinya membaca buku sejak usia 12 tahun membuat Tanoto muda memiliki wawasan yang cukup luas dan mampu beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang serba cepat. Saat itu sang ayah yang mengelola tiga perusahaan di Medan memberi kesempatan untuk Sukanto Tanoto belajar dan terjun langsung membantu menjalankan bisnis bersama. Berstatus sebagai putra WNA (Warga Negara Asing) pada situasi yang tidak berpihak kepada keluarganya membuat gerak Tanoto tidak bebas. Saat itu bukanlah hal yang mudah berada disisi yang berbeda terhadap pemerintah.

Semesta akan mendukung apapun yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab. Perlahan namun pasti, belum genap satu dekade belajar berbisnis, Sukanto Tanoto mencium ladang bisnis baru yang menjanjikan. Berusaha membangun bisnisnya sendiri, dengan modal jeli melihat peluang, kerja keras, serta disiplin tinggi membuatnya dengan mudah diterima dan secara bertahap nama perusahaannya mulai terdengar hingga meja pemerintahan. Bisa memanfaatkan sumber daya alam yang berlimpah rupanya membuat pemerintah mau menggandeng Sukanto Tanoto bersama menghasilkan pemasukan negara yang lebih baik.

Berhasil merajai industri perkebunan di Indonesia, Sukanto Tanoto tidak lantas puas dan melakukan ekspansi ke beberapa negara dengan harapan dapat mengalahkan masa lalunya dan menyongsong prestasi yang lebih baik lagi.

SHARE

About Tri Haryadi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar