Beberapa Tempat Wisata Murah di Jayapura yang Cocok Dijadikan Destinasi Tempat Liburan

Papua tidak perlu diragukan lagi sebagai salah satu destinasi yang banyak dituju oleh wisatawan dalam hingga luar negeri. Keindahan alam yang masih terjaga menjadi nilai tambah untuk beberapa tempat wisata di Papua. Papua bukan hanya tentang Raja Ampat, namun masih banyak lagi pilihan destinasi yang tidak kalah menakjubkan di sana. Tanpa merogoh kocek yang dalam, beberapa pilihan destinasi berikut sangat cocok untuk para backpacker. Banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi di sekitar Kota Jayapura. Kota Jayapura merupakan ibu kota Provinsi Papua. Letaknya sendiri kurang lebih 25 km dari Bandara Sentani dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. 

 Danau love atau telaga cinta memiliki nama asli Danau Imfore yang terletak di Jayapura, Papua. Penduduk sekitar memberi namanya danau love karena bentuknya yang menyerupai hati.

1. Danau Sentani

Destinasi pertama yang perlu anda kunjungi adalah Danau Sentani. Nama danau ini pasti tidak asing di telinga kita. Danau ini merupakan danau terluas di Papua, bahkan di danau ini terdapat 21 pulau kecil yang ikut serta menghiasinya. Tempat wisata Danau Sentani ini sangat mudah dijangkau oleh wisatawan. Anda juga dapat menikmati keindahannya dengan mengelilingi danau ini menggunakan perahu wisata yang telah disediakan. Untuk menarik wisatawan, tempat wisata ini mengadakan Festival Danau Sentani tiap tahun. Kegiatan ini biasanya diadakan pada pertengahan tahun. Anda bisa menikmati berbagai macam kuliner dan buah tangan khas Papua. Bukan hanya itu anda juga akan disuguhkan dengan berbagai pementasan upacara adat khas Papua. 

2. Bukit Jokowi

Bukit Jokowi ini terletak di tanjakan Skyline, Kota Jayapura. Ya, nama bukit ini diambil dari nama Presiden Indonesia, Joko Widodo. Bukit ini merupakan tempat bersantai sambil menikmati es kelapa muda yang dijual oleh pemilik kedai es kelapa di sana. Pemilik kedai es kelapa menamai bukit ini dengan sebutan Bukit Jokowi karena bukit ini pernah disambangi oleh Presiden Joko Widodo. Anda tidak perlu merogoh kocek untuk dapat menikmati pemandangan di sini. Anda hanya perlu membeli es kelapa muda untuk dapat menikmati keindahan Teluk Youtefa. 

3. Air Terjun Cyclop

Air Tejun Cyclop berada dekat dengan Bandara Sentani dengan jarak 25 km dari Kota Jayapura. Untuk bisa menikmati air terjun ini anda harus mendaki kaki gunung sekitar 20 menit. Jalur pendakian ini merupakan jalan setapak. Walaupun jalurnya sendiri cukup menantang, pendakian yang anda tempuh sangatlah seimbang dengan pemandangan yang akan disuguhkan oleh Air Terjun Cyclop. Selama perjalanan pun anda akan disuguhkan dengan pemandangan hutan di kaki gunung. Di air terjun ini anda akan melihat batu-batu besar dan air yang jernih. Penduduk dan wisatawan juga bisa berenang di sungai ini. Anda tidak perlu merogoh kocek untuk menikmati wisata ini, yang anda perlukan hanya tenaga. 

4. Danau Love
Danau ini aslinya bernama Danau Imfote, namun penduduk sekitar menamainya dengan Danau Love atau Telaga Cinta karena bentuk danau ini sendiri berbentuk hati. Selain menikmati pemandangan di pinggir danau, anda juga bisa menikmati bukit dengan hamparan padang rumput di sekitar danau. Anda juga bisa menikmati papeda, makanan khas Papua yang dijual oleh penduduk sekitar. Untuk menikmati danau ini anda hanya perlu membayar kurang lebih Rp 40.000 sekaligus untuk parkir kendaraan anda.

You Might Also Like

0 komentar