7 Makanan Anjing Dari Sayuran Segar

  • Selasa, Maret 17, 2020
  • By Tri Haryadi
  • 0 Comments


Sebagai pemilik hewan kesayangan khususnya anjing, saya merasa ingin berbagai pengetahuan kepada banyak orang jika ternyata masih banyak orang yang hingga saat ini masih belum paham betul apa saja jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh anjing supaya anjing tetap terjaga kesehatannya.

Melalui artikel ini, saya Banyak orang beranggapan anjing adalah hewan karnivora. Kenyataannya anjing merupakan hewan omnivora yang tak hanya menyantap daging, tetapi juga sayuran. Tak banyak orang yang mengetahuinya, bahkan pemilik anjing sekalipun. Pemilik anjing acapkali memberikan daging atau makanan kemasan sebagai menu utama. Padahal memberikan sayuran tak kalah bergizi untuk mendukung pertumbuhan anjing. Makanan anjing ini bisa pula dijadikan cemilan atau pengganti makanan kemasan yang membosankan.

Makanan kemasan untuk anjing dinilai jauh lebih efisien. Kandungan mineral serta nutrisi yang lengkap membuat pemilik anjing tak harus bersusah payah. Setidaknya setiap produsen sudah memperhitungkan kadar protein, vitamin serta kalori dalam setiap sajian. Tapi tahukah Anda kalau anjing pun membutuhkan sayuran sebagai tambahan makanan? Layaknya manusia, anjing pun sebenarnya menyukai beberapa jenis sayuran. Berikut beberapa makanan anjing bergizi yang dikutip dari situs CaesarJaco:
  • Buncis
Buncis mengandung vitamin A, C, dan serat yang cukup tinggi. Anjing membutuhkan semua kandungan alami tersebut untuk menunjang pertumbuhannya. Kebanyakan produk olahan tak memenuhi kebutuhan vitamin kompleks, kecuali dari merek ternama. Tak ada aturan khusus untuk menyajikan buncis pada anjing, sebab mereka menyukai buncis mentah maupun olahan.
  • Wortel
Kandungan vitamin A yang tinggi pada wortel tak hanya baik bagi kesehatan mata manusia, tetapi anjing pun demikian. Makanan anjing yang satu bisa disajikan dalam bentuk asli, biarkan anjing Anda menggigitnya. Gerakan menggigit ini membantu struktur gigi anjing jauh lebih kuat dan bersih. Bahan alami pada wortel disinyalir mampu membersihkan karang gigi yang menumpuk di sekitar gigi anjing.
  • Brokoli
Sisa sayur brokoli Anda jangan langsung dibuang begitu saja, berikanlah pada anjing kesayangan. Anjing sangat menikmati brokoli rebus yang kaya akan kalsium, antioksidan, vitamin dan mineral lainnya. Semua kandungan tersebut sangat baik untuk pertumbuhan anjing, terutama kesehatan tulangnya.
  • Ubi
Tekstur ubi yang keras seringkali membuat anjing enggan mengkonsumsinya. Guna menyiasati hal tersebut, rebuslah ubi sebelum diberikan kepada anjing. Rasa manis dan lembut dari daging ubi membuat anjing tertarik untuk menyantapnya. Biarkan mereka menghabiskan rebusan ubi, karena kandungan vitamin dan mineralnya yang bagus untuk pencernaan anjing.
  • Timun
Kadar air yang tinggi pada timun menjadikannya snack yang sangat menggugah selera anjing kesayangan Anda. Berbanding lurus dengan kadar airnya, kandungan serat pada timun pun sangat tinggi. Mengkonsumsi timun membantu anjing terhindar dari bahaya konstipasi, sebab saluran pencernaan yang bekerja maksimal.
  • Asparagus
Di sejumlah daerah, asparagus mungkin sulit ditemukan di pasaran. Sayuran ini hanya dijumpai di supermarket atau situs belanja online terpercaya. Manfaat asparagus sama halnya dengan sayuran hijau lainnya, karena kaya akan vitamin, mineral serta antioksidan. Pertumbuhan anjing akan lebih maksimal dengan memberikan 3 batang asparagus di setiap waktu makan.
  • Labu
Rasa manis pada buah labu bisa membantu Anda mengembalikan nafsu makan pada hewan peliharaan. Labu kuning diketahui mengandung serat yang sangat tinggi bila dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Kandungan serat inilah yang membantu saluran pencernaan pada anjing tetap sehat. Anjing tak mudah mengalami diare maupun konstipasi yang berujung pada penurunan nafsu makan pula.

Mengolah labu kuning pun tak terlalu sulit, sebab Anda bisa memberikannya secara langsung atau direbus. Variasi olahan yang dibentuk cookies pun bisa Anda berikan pada anjing. Untuk membuat cookies, tambahkan oat yang juga kaya serat ke dalam makanan anjing. Untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif dan detail mengenai bagaimana cara memilih makanan untuk anjing yang baik, Anda bisa mengunjugi situs CaesarJaco untuk info yang jauh lebih lengkap dan lebih banyak.

You Might Also Like

0 komentar